Ukuran Piston Motor

Posted on

Ukuran Piston Motor – Hal ini terdengar nama piston atau seher mungkin  sudah bukan lagi hal yang asing di telinga kita yang hobi akan motor atau bahkan kalian sekalipun yang tidak terlalu suka dengan dunia otomotif. Dua bagian tersebut menjadi salah satu komponen mesin yang sangatlah penting keberadaannya.

Pasalnya dua jenis komponen tersebut yang nantinya akan bekerja secara terus menerus untuk membuat sebuah tenaga pada mesin kendaraan yang kalian miliki. Yang dimana bagi kalian yang belum tahu piston motor sendiri merupakan sebuah bagian yang akan membentuk sebuah ruang bakar yang akan nantinya akan di topang oleh silinder blok dan silinder head motor.

Secara garis besar, gerakan piston ialah naik turun yang sejatinya di pandu oleh sebuah komponen bernama crankshaft agar mampu menghasilkan kompresi yang nantinya akan di ubah menjadi gerakan dan akan langsung disalurkan ke roda motor yang membuat motor dapat berjalan dengan lancar.

Tidak akan membahas lebih banyak mengenai hal tersebut, namun sesuai judul diatas, pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas mengenai ukuran piston motor dan juga diameter pen piston yang ada pada tiap-tiap motor.

Karena dengan mengetahui ukuran piston motor yang ada miliki tentu saja ketika terjadi kerusakan kalian tidak salah membeli penggantinya.

Ukuran Piston Motor Dan Diameter Pen Piston

Dan selain itu ukuran yang ditawarkan untuk tiap-tiap motor pun berbeda-beda sehingga ketika kalian membeli untuk motor ini maka carilah ukuran yang sesuai.

Dan selain itu dengan mengetahui ukuran piston motor pun akan  membuat kalian yang ingin melakukan bore up untuk membuat tenaga mesin lebih maksimal juga menjadi hal yang wajib untuk diketahui.

Ukuran Piston Motor Dan Pen Piston

Karena untuk melakukan bore up sendiri tidaklah sembarangan, namun sudah ada aturan yang harus dipatuhi agar hasil yang didapat juga lebih stabil. Aturan tersebut mengacu pada ukuran piston motor oversize yang tidak boleh sembarangan. Untuk itu bagi kalian yang belum mengetahui berapa ukuran piston motor oversize berikut dapat kalian lihat secara jelasnya.

  • Ukuran piston oversize : 0,00 (standar bawaan pabrik)
  • Ukuran piston oversize : 0,25
  • Ukuran piston oversize : 0,50
  • Ukuran piston oversize : 100
  • Ukuran piston oversize : 125
  • Ukuran piston oversize : 150
  • Ukuran piston oversize : 175
  • Ukuran piston oversize : 200 (merk dan tipe tertentu)

Maka dengan mengetahui ukuran piston oversize tersebut tentu saja kalian tidak akan salah kaprah dalam melakukan bore up piston mesin kalian. Dan ada baiknya ketika melakukan bore up usahakan kick starter dalam keadaan bagus agar nantinya untuk melakukan pengecekan mesin yang sudah kalian bore up bisa lebih mudah.

Bicara mengenai ukuran piston motor, nah berikut adalah beberapa list daftar ukuran piston motor standar dari beberapa pabrikan motor dan tentunya jenis motor yang kami lengkapi dengan ukuran diameter pen yang digunakannya.

Diameter Ukuran Piston Motor Kawasaki

Diameter Ukuran Piston Motor Kawasaki

Diameter Ukuran Piston Motor Minerva

Diameter Ukuran Piston Motor Minerva

Diameter Ukuran Piston Motor Honda

Diameter Ukuran Piston Motor Honda

Diameter Ukuran Piston Motor Happy

Diameter Ukuran Piston Motor Happy

Diameter Ukuran Piston Motor Yamaha

Diameter Ukuran Piston Motor Yamaha

Diameter Ukuran Piston Motor Bajaj

Diameter Ukuran Piston Motor Bajaj

Diameter Ukuran Piston Motor Suzuki

Diameter Ukuran Piston Motor Suzuki

Akhir Kata:

Seperti disampaikan diatas, dengan mengetahui beberapa ukuran piston ataupun diameter pen dari mesin motor yang kalian gunakan, tentu saja kalian akan lebih mudah dalam melakukan pergantian ketika kalian mendapati sebuah kerusakan ataupun ketika ingin melakukan bore up mesin.

Demikianlah pembahasan mengenai Ukuran Piston Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.