Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Panas

Posted on

Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Panas – Suara mesin dapat menunjukan kondisi dimana mesin, apakah keadaannya baik-baik saja atau malah ada masalah.

Nah seperti misalnya kalau suara mesin kasar, kemungkinan besar ada komponen-komponen di dalam mesin yang sudah aus dan harus di segera diganti.

Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Panas

Lantas apa saja hal yang menyebabkan suara mesin kasar terutama saat panas, nah berikut ini pemaparannya yaitu:

Pegas Katup Melemah

Pegas katup itu pegas yang terletak pada sistem katup mesin kendaraan. Fungsinya untuk mengembalikan posisi katup ke posisi tertutup.

Jadi mesin menyala karena pada pembakaran bensin dan udara. Bensin dan udara ini dimasukan kedalam mesin melalui katup, pas katup membuka campuran udara.

Dan bensin masuk dan setelah campuran masuk pegas katup akan mengembalikan posisi katup agar nutup kembali.

Ketika pegas katup lemah, maka kecepatan penutupan katup jadi lebih lambat. Mungkin saat mesin masih rpm rendah efeknya tidak terasa, tapi ketika mesin digas apalagi ketika sudah panas suara mesin jadi cenderung kasar.

Untuk mengatasi pegas katup ini ya dengan menggantinya dengan yang baru.

Bearing Didalam Mesin Aus

Bearing atau bantalan berfungsi sebagai tumpuan untuk poros-poros yang berputar didalam mesin. Jadi pada poros engkol terdapat bearing, camshaft ada bearingnya, batang piston juga punya bearing.

Dan bearing-bearing ini bisa aus, au situ berarti permukaan bearing sudah tidak rata. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, salah satunya karena telat mengganti oli.

Oli yang sudah kotor tapi tidak diganti, maka kotoran pada oli bisa masuk ke sela-sela bearing dan menggores bearing. Sehingga bearing jadi aus. Efeknya terjadi mesin, suaranya jadi lebih kasar dan tidak enak untuk didengar.

Rantai Keteng Kendor

Timing chain atau biasa kita kenal dengan sebutan rantai keteng letaknya ada di dalam bagian mesin.

Apabila rantai keteng ini sudah kendor, pastinya akan mengeluarkan suara yang sangat menggangu.

Disampaikan oleh Mas Nur, sebetulnya masalah bukan saja terjadi pada rantai ketengnya tapi bisa jadi dari tensioner si rantai keteng itu sendiri.

Pada rantai keteng ada komponen lain yang membantunya seperti lidah tensioner dan juga tensionernya. Lidah tensioner bisa saja rusak atau patah akibat dari panas mesin, begitu juga dengan per tensioner yang memuai akibat panas mesin.

Ketika bagian pendukung tensioner ini sudah tidak maksimal bekerja menekan rantai keteng agar tidak kendor, maka rantai keteng bakal berputar dan membentur dinding mesin atau bagian logam lain yang ada di dalam mesin.

“Bagian ini, harus dapat perhatian ekstra waktu servis motor. Biasanya pas servis pengecekan tensioner keteng sering kelewat, jadinya sering banget ada kasus keteng kendor,” papar Mas Nur.

Kompresi Bocor

Pada beberapa kasus, bocornya kompresi juga akan menimbulkan suara yang sangat mengganggu dari mesin motor.

Selain itu, tenaga mesin motor juga akan ikut menurun. Bocornya kompresi ini disebabkan oleh karena pembakaran mesin yang ideal dilakukan ada pada suhu dan tekanan yang tinggi.

Jika kompresi mesin turun, otomatis kedua faktor tersebut akan menurun dan akan mengeluarkan bunyi.

Bunyi yang keluar biasanya tidak seperti bunyi gesekan atau bunyi ketukan logam, bunyi ini timbul dari bunyi pembakaran namun lebih kasar yang biasanya disertai asap putih dari knalpot.

“Kompresi yang loss atau bocor juga bisa sebabkan ada bunyi dari mesin, ditambah tenaga motor juga jadi loyo. Harus segera di cek dan diperbaiki sebelum masalah makin melebar,” ujar Mas Nur.

Untuk mengatasinya, disampaikan oleh Mas Nur, pertama mekanik harus melakukan pengecekan kompresi dengan alat yang bernama compression tester.

Dari situ bisa disimpulkan, apakah kompresi mesin motor turun atau tidak. Jika turun kita perlu mencari sumber kebocoran tersebut dan memperbaikinya.

Oli Mesin Telat Ganti

Oli Mesin Telat Ganti

Normalnya oli mesin harus diganti dengan interval sekitar 5000 kilometer, apa jadinya kalau oli tidak diganti sampai batasnya terlampaui?

Umumnya, kualitas oli akan turun, jadi daya lumas dan daya redam suaranya juga berkurang. Oli sebagai pelumas, dapat meredam suara gesekan antar komponen mesin.

Kalau kualitas oli turun maka suara gesekan antar komponen mesin tidak diredam dengan baik, sehingga muncul suara kasar.

Selain itu semakin panas suhu mesin biasanya oli akan semakin encer. Kalau oli semakin encer, maka daya redam suaranya juga jadi lebih turun lagi.

Sehingga efek dari penyebab ini akan terasa sekali ketika mesin sudah dalam kondisi panas.

Mungkin Suara Kasar Berasal Dari Luar Mesin

Tidak jarang juga, suara kasar itu bukan berasal dari mesin tapi dari bagian lain. Misal braket yang kurang kencang, body motor yang mulai tidak klop atau hal lain di luar mesin.

Suara kasar ini juga kadang tersamar karena hanya muncul diwaktu tertentu, jadi kita harus jeli apakah suara kasar ini memang berasal dari mesin atau itu efek dari bagian luar mesin.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat Panas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.