Master Rem Rusak

Posted on

Master Rem Rusak – Dalam hal ini sebuah kendaraan seperti motor memang menjadi primadona di Indonesia, selain karena dapat melewati macetnya ibu kotor motor juga mampu memenuhi mobilitas sehari-hari. Namun perawatan sangatlah penting misalnya bagian master rem motor yang dimana sangat rawan rusak.

Dalam hal ini banyak penyebab mengapa master rem motor dapat mengalami kerusakan. Kerusakannya pun berdampak buruk pada performa motor. Rem ialah sebuah komponen yang sangat penting yang berguna untuk mengatur jarak dan kecepatan motor saat dijalan raya.

Sering kali banyak sebagian dari kita yang kurang lalai saat berkendara dan rem motor yang blong dapat menjadi penyebab kecelakaan. Nah hal ini jangan sampai mengalami masalah di jalan karena rem yang kurang begitu optimal. Master rem ini kerap menjadi masalah bagi sistem pengereman belakang yang kurang pakem.

5 Penyebab Master Rem Motor Rusak

Nah lantas apa saja sih penyebabnya? Yuk simak apa saja penyebab master rem motor yang rusak dan bagaimana cara merawatnya simak selengkapnya berikut ini:

Korosi Piston

Korosi merupakan salah satu penyebab master rem yang rusak. Hal ini sebab reaksi kimia antara material besi bersama dengan udara dan air yang mengelupas.

Master rem mengalami mengelupas maka membuat permukaannya menjadi ngalamin kebocoran. Hal ini maka membuat sela-sela dana ruang untuk berkumpulnya kotoran dari proses berkendara.

Tidak terbayang berapa banyak partikel-partikel debu, kotoran dan air yang di lalui bersama kendaraan kalian dijalanan. Tentu hal ini akan mengakibatkan kondisi kerusakan sistem kerja rem belakang dan berpotensi yang mengakibatkan kerusakan semua sistem pengereman.

Ada pipa kaliper dan juga sistem master rem yang kudu kontrol andaikan mengalami gangguan dikarenakan ada korosi.

Kotoran Atau Debu

Kotoran atau debu bisa masuk ke bagian master rem motor kalian bersama dengan beraneka rusaknya. Korosi atau karat ini akan menjadi ruang atau objek jalan pembuka bagi debu jalanan.

Debu ini nantinya dapat menggumpal di di dalam master rem dan mengganggu sistem pengereman rem belakang sepeda motor.

Maka alhasil kotoran dan debu akan menghambat gerak piston, sehingga menekan busa atau kebalikannya yakni  menjadi lebih keras.

Tentu mengfungsikan motor bersama sistem rem yang rusak bukan pilihan yang tepat. Jadi pastikan rem bekerja bersama optimal sebelum menggunakannya di jarak dekat maupun jauh.

Efek Karat

Karat kali ini menjadi masalah sesudah itu bagi master rem sepeda motor. Proses karat sendiri bermula berasal dari logam (Fe) yang bereaksi bersama dengan oksigen atau udara (O2) dan Air (H2O).

Reaksi kimia ini menyebabkan logam atau besi terkikis secara alami untuk jangka selagi yang cukup lama. Jadi sebisa bisa saja bersihkan motor secara berkala peranan melindungi kualitas master rem.

Efek karat sendiri dapat memberikan lubang atau ruang bagi debu untuk menyebabkan kerusakan dan menghindar kinerja piston rem.

Jangan sampai sistem pengereman sepeda motor kalian bermasalah, dikarenakan bagian rem merupakan komponen gawat selagi berkendara.

Banjir Atau Genangan Air

Banjir mampu jadi penyebabnya? Yap, mampu gara-gara air yang tergenang mempunyai kotordan dan juga bereaksi aktif jikalau kalian tidak membersihkan master rem dari air.

Paparan air dan udara di saat yang cukup lama dapat bereaksi pada logam di segi master rem. Bagian piston sampai pipa kaliper dapat terpapar reaksi kimia seperti karat dan korosi.

Alhasil master rem dapat mengalami sebagian gejala seperti rem belakang yang keras, berbunyi, kesat atau tidak pakem.

Genangan air dan banjir termasuk menyerang anggota master rem belakang gara-gara cukup rendah dan mampu terpapar air. Jadi pastikan untuk merawat kebersihan motor.

Minim Perawatan

Penyebab Master Rem Rusak

Perawatan secara berkala merupakan kunci utama di balik panjangnya umur kendaraan. Pengguna kendaraan jadi aspek utamanya dan master rem bisa jadi penyebab berasal dari minimnya perawatan.

Motor memerlukan bermacam perawatan secara bulanan. Baik berasal dari penggantian komponen kendaraan, oli mesin, pencucian motor, sampai penggantian minyak rem.

Bila master rem sepeda motor kalian rusak, maka setidaknya servis komponen dibutuhkan. Untuk melindungi master rem yang telah terlanjur rusak diperlukan penggantian minyak rem.

Minya rem yang digunakan juga harus berkualitas gara-gara memerlukan takaran sintetis yang tinggi dan tingkat DOT yang tepat, lantas pilihan minya rem apa yang baik?

TOP 1 BRAKE FLUID DOT 3 mempunyai spesifikasi sintetis yang tinggi dan kuat melindungi master rem dengan benar-benar baik.

Komponen minyak rem bisa melindungi master rem, pipa kaliper, dan piston secara menyeluruh.

Kualitas TOP 1 BRAKE FLUID juga terjamin dengan sebagian spesifikasi dan ukuran yang tersedia.

Kesimpulan

Nah itulah banyak faktor yang menjadi sebab mengapa master rem motor bisa rusak. Kerusakannya pun berdampak buruk pada performa motor, yang perlu diperhatikan sebagai pengendaraan roda dua.