Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus Pada Motor

Posted on

Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus Pada Motor – Dalam hal ini hampir semua sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia telah menganut sistem berteknologi injeksi, pada saat regulasi Euro III bergulir di bulan Juni tahun 2013, kini sudah 8 tahun bergulir, terlihat pertanyaan telah sadar langkah menyalakan motor injeksi bersama benar?

Nah bagi para pemilik sepeda motor yang telah menganut sistem injeksi pasti bakal lihat tersedia lampu indikator berlogo khusus, berwarna oranye terhadap speedometer.

Lampu ini merupakan  Malfunction Indicator Lamp (MIL) dan akan menyala beberapa detik setelah kunci kontak diputar.

Lampu indikator MIL miliki manfaat lumayan penting terhadap sistem injeksi kendaraan. Nyala lampu MIL bakal memberitahu tersedia atau tidaknya rusaknya terhadap sistem motor injeksi.

Jika tidak ditemukan adanya rusaknya terhadap kendaraan biasanya lampu MIL bakal segera mati kembali.

Tetapi kecuali kendaraan mengalami masalah maka lampu MIL bakal memperlihatkan sinyal berbentuk kedipan. Jumlah kedipan lampu MIL ini cocok bersama model rusaknya yang terdeteksi.

Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Salah satu tanda-tanda motor merasa rusak ialah kala lampu indikator motor menyala dan berkedip terus-menerus.

Jika dalam kondisi normal lampu menyala cuma hitungan detika saja, namun jika ada komponen yang rusak maka lampu selamanya menyala.

Ada sejumlah faktor yang mengakibatkan lampu indikator ini tetap hidup. Hal ini berarti jikalau ada persoalan yang mesti diperbaiki terhadap motor kalian. Berikut sejumlah persoalan yang berlangsung kala lampu indikator tetap menyala diantaranya yaitu:

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus Pada Motor

Masalah Pada Pulser

Faktor yang utama yang dapat terjadi dikarenakan permasalahan terhadap pulser atau pick up coil. Komponen ini berfaedah yang menentukan saat waktu pengapian terhadap CDI atau ECU ke SCR, sesudah itu memerintahkan SCR untuk terhubung kapasitor dan melepaskannya.

Jika pulser didalam mengalami situasi lemah, maka hal ini bakal membuat pada motor akan menjadi tersendat seperti kehabisan bensin dan kerap kali mogok.

Masalah ECU Motor

Peranti yang satu ini terlampau penting pada motor kalian, soalnya di didalam ECU seluruh fitur mesin injeksi akan dikontrol.

Beberapa diantaranya layaknya riding mode, bukaan bensin dan campuran udara. Apabila ECU mengalami kerusakan, perihal ini mampu mengakibatkan kerusakan seluruh proses mesin dari motor injeksi.

Saringan Udara Yang Kotor

Saringan udara sendiri memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem ruang bakar, komponen ini sering bercampur dengan partikel-partikel kotoran atau debu.

Alhasil ketika kondisi filter sudah kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor menjadi berat dan tidak stabil.

Masalah Pada Throttle Position Sensor (Tps)

Faktor penyebab lainnya lampu injeksi motor terus menyala bisa diakibatkan dengan adanya masalah pada sistem Throttle Position. Sensor ini memiliki fungsi yakni membaca besaran saat bukaan gas dan memberikan sinyal tersebut ke bagian ECU.

Ketika mengalami kerusakan, maka efeknya putaran mesin akan mengalami menjadi berat dan bahkan tidak bisa idle. Jika terus dibiarkan, TPS yang rusak menyebabkan tarikan motor jadi kurang responsif.

Power Supply Ke Fuel Injector Menjadi Rusak

Kerusakan pada komponen ini dapat disebabkan karena komponen regulator tidak lagi berfungsi dan aki tidak terisi penuh.

Tetapi faktor lainnya bisa disebabkan jika terlalu penuh pengisiannya (over charging). Jika indikator menunjukkan kedipan hingga 46 kali maka ini pertanda ada kerusakan pada power supply.

Cara Mengatasi Lampu Injeksi Nyala Terus

Adapun bagaimana cara mengatasi lampu injeksi nyala terus sebagai berikut:

Cek Pengapian

Cara mengatasi lampu motor injeksi yang nyala terus yang pertama ialah dengan memeriksa sistem pengapian. Pastikan tidak ada kabel yang sudah mengalami longgar, terkelupas, atau bahkan terbakar.

Cek Sistem Pembakaran

Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap proses pembakaran. Perhatikan seksama apakah terkandung komponen pembakaran yang bermasalah, seperti pada kabel, komponen coil, busi, fuel pump atau terhadap komponen lainnya.

Cek sistem Keamanan Kendaraan

Langkah terakhir dengan mengatasi lampu motor injeksi nyala terus ialah dengan  melakukan pengecekan pada sistem keamanan kendaraan sepeda motor, misalnya pada sensor pembakaran ataupun pada modul pengendali.

Kesimpulan

Selain itu, untuk mencegah lampu injeksi nyala terus dengan selalu menggunakan bahan bakar yang tepat, rutin mengganti oli, dan melakukan penggantian filter udara dan filter bahan bakar dengan teratur.