Bagaimana Anda mencari gaya kepemimpinan adaptif yang berbeda? Dr. Ron Heifetz dan Marty Linsky di Universitas Harvard mengembangkan kepemimpinan adaptif sebagai cara untuk bekerja dalam lanskap dunia bisnis yang berubah dengan cepat saat ini.

Dalam struktur bisnis, tindakan dan arahan datang dari seorang Leader atau CEO yang membuat keputusan kearah team. Leader membuat keputusan, memberi tahu bawahan langsungnya, dan keputusan disaring ke orang-orang yang melakukan pekerjaan itu. Gaya kepemimpinan rantai komando ini bekerja dengan baik di dunia yang tidak berubah atau dengan leader yang serba tahu.

Apa itu Kepemimpinan Adaptif?

Ada empat dimensi kepemimpinan adaptif, dan mereka menciptakan kerangka kepemimpinan untuk Anda kejar:

  • Menavigasi Lingkungan Bisnis
  • Memimpin Dengan Empati
  • Belajar Melalui Koreksi Diri dan Refleksi
  • Menciptakan Win-Win Solutions

Dengan menggunakan prinsip-prinsip ini, para pemimpin dapat menemukan metode untuk menanggapi lingkungan mereka dengan cara yang mendorong kreativitas dan solusi. Tidak ada satu orang pun yang dapat memberikan solusi untuk setiap masalah, dan itulah salah satu kegagalan besar kepemimpinan top-down. Kepemimpinan adaptif memanfaatkan semua karyawan dan pelanggan untuk menemukan solusi yang berhasil.

Menavigasi Lingkungan Bisnis

Ketika Anda melakukan hal yang sama berulang-ulang, Anda dapat mengharapkan hasil yang sama. Ketika acara tidak berjalan dengan baik, Anda perlu mengubah apa yang Anda lakukan untuk membuat situasi menjadi lebih baik. Tapi bagaimana Anda melakukannya?

Anda harus menjadi fleksibel dan menerima perubahan. Anda perlu memikirkan pendekatan selain cara yang selalu dilakukan. Ini lebih sulit daripada yang terlihat. Anda dapat menemukan situasi di mana orang menolak perubahan dengan segala cara.

Memimpin Dengan Empati

Jika Anda tidak dapat memahami dari mana karyawan dan pelanggan Anda berasal, Anda akan kesulitan memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan karyawan Anda, mereka akan meninggalkan Anda dan pergi ke tempat lain. Anda perlu memperlakukan karyawan dengan empati dan kasih sayang untuk memastikan mereka tetap tinggal dan membantu Anda mendorong kesuksesan bisnis.

Karyawan saat ini tidak senang hanya datang untuk bekerja dan melakukan tugas yang berulang dan mengumpulkan gaji. Pelanggan menginginkan produk dan layanan yang baru dan bermanfaat. Lihatlah kebangkitan Instapot. Ini adalah panci presto versi listrik yang pernah digunakan nenek Anda. Namun, pencipta memahami bahwa dapur modern sedang mencari solusi modern untuk mendapatkan makanan sehat di atas meja.

Belajar Melalui Koreksi Diri dan Refleksi

Tidak ada yang melakukannya dengan benar setiap saat. Semua pemimpin melakukan kesalahan. Seorang pemimpin adaptif menyadari hal ini dan bersedia untuk melakukan koreksi terhadap kursus. Ini juga berarti bahwa dalam kepemimpinan adaptif, Anda menerima kegagalan sebagai bagian dari proses.

Anda dapat mengatakan, “kami tahu ini berhasil, jadi kami akan terus melakukan ini,” tetapi dunia bisnis berubah dengan cepat, jadi apa yang berhasil kemarin mungkin tidak berhasil hari ini. Dan bahkan jika itu berhasil hari ini, itu mungkin bukan lagi solusi terbaik. Anda harus mencoba hal-hal baru.

Itu berarti menerima umpan balik, juga. Apa yang dikatakan karyawan Anda? Apa yang dikatakan pelanggan Anda? Lakukan survei dan lihat datanya. Anda tidak bisa hanya bertanya dan mengabaikannya. Anda perlu merenungkan apa yang berhasil dan apa yang tidak dan mengambil risiko untuk mengubahnya.

Menciptakan Win-Win Solutions

Apa yang baik untuk Anda cukup baik, bukan? Nah, jika Anda ingin bertahan dalam bisnis untuk waktu yang sangat singkat, ini berhasil. Ketika Anda dapat menemukan solusi yang bekerja untuk banyak organisasi, Anda akan menemukan lebih banyak kesuksesan.

Dimensi kepemimpinan adaptif ini bisa terasa aneh jika Anda terbiasa beroperasi secara ketat sebagai pesaing, tetapi bagaimana jika Anda dan pesaing Anda dapat saling membantu?

Josh Hallmark membuat Two Pods a Day untuk membuat skenario win-win untuk podcaster. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk bisnis Anda. Carilah alih-alih membagi dan menaklukkan situasi.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang hebat, cobalah mengadopsi empat prinsip kepemimpinan adaptif ini dan saksikan kehidupan baru, perilaku baru Anda dapat bernafas dalam organisasi Anda.

Karakteristik Gaya Kepemimpinan Yang Sukses

Banyak yang ditulis tentang apa yang membuat para pemimpin sukses. Seri ini akan berfokus pada karakteristik, sifat, dan tindakan yang diyakini banyak pemimpin sebagai kuncinya.

  • Memilih untuk memimpin dan mempraktikkan kepemimpinan adaptif
  • Jadilah orang yang dipilih orang lain untuk diikuti
  • Memberikan visi untuk masa depan
  • Berikan inspirasi
  • Membuat orang lain merasa penting dan dihargai
  • Jalani nilai-nilai Anda. Berperilaku secara etis
  • Para pemimpin mengatur langkah dengan harapan dan teladan mereka
  • Membangun lingkungan perbaikan terus-menerus
  • Memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk berkembang, baik secara pribadi maupun profesional
  • Peduli dan bertindak dengan emphati dan komunikasikan kesehatan mental yang positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat