
Pelatihan Communication Skill – Komunikasi adalah proses pertukaran informasi, pendapat, perasaan atau ide melalui lisan atau tulisan agar pesan yang disampaikan mencapai sasaran atau dipahami oleh orang lain. Komunikasi yang bermakna adalah komunikasi yang efektif dimana proses komunikasi tersebut berhasil mencapai sasaran dengan feedback (respon) yang sesuai dengan tujuan individu berkomunikasi. Kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaan, pikiran atau pendapat seseorang sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain ini merupakan hal yang penting dalam lingkungan pekerjaan atau organisasi. Lemahnya koordinasi dan komunikasi yang tidak efektif berpotensi menimbulkan masalah besar di tempat kerja yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Kurangnya ‘trust’ dan ketidakpahaman terhadap karakter rekan kerja (atasan, bawahan, klien, pelanggan) menjadi titik mulai masalah ini. Oleh karena itu, komunikasi yang efektif memegang peran penting bagi kita untuk membantu mewujudkan hubungan yang sehat dan penuh penghargaan baik di dunia kerja, sosial, dan keluarga.
Kemampuan komunikasi ini adalah salah satu bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, Emotional Quotient). Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak hanya dibutuhkan kemampuan berbicara saja, tetapi juga dibutuhkan pendekatan dengan teman bicara, kecakapan persuasi dan menghindari resistensi dalam menyampaikan maksud yang diinginkan dengan mudah, meyakinkan dan diterima oleh teman bicara.
Pelatihan Communication Skill merupakan aplikasi mind-reprogramming yaitu Hypnosis dan Neuro-Linguistic Programming (NLP) sebagai pendekatan mutakhir dalam teknologi pemberdayaan manusia dengan seperangkat presuposisi dan teknik-teknik praktis dalam persuasi yang sangat efektif dan elegan, dapat diaplikasikan secara riil dalam berbagai bidang baik pekerjaan maupun personal, terbukti memiliki kelebihan dalam hal mampu memberdayakan manusia dengan teknologi fungsi otak yang sangat efisien dan efektif berdampak kuat terhadap peningkatan pengetahuan, perubahan sikap, pembentukan perilaku serta kebiasaan-kebiasaan positif untuk mencapai tujuan-tujuan yang luar biasa.
Tujuan Pelatihan Communication Skill
Setelah mengikuti Pelatihan ini diharapkan bagi para peserta, mampu :
- Mampu menganalisis dan menggali kebutuhan dengan Teknik komunikasi yang tepat.
- Terampil dalam berkomunikasi baik dengan internal maupun eksternal user.
- Terampil dan memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan materi presentasi dihadapan audience.
- Memahami Kebutuhan lawan bicara sehingga bisa memaksimalkan interaksi yang terbina
- Mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menghambat komunikasi dan memahami solusi untuk mengatasinya.
- Membangun Kredibilitas dengan mengetahui cara menampilkan diri dengan baik.
- Mengoptimalkan kemampuan komunikasi yang berenergi dengan penuh percaya diri dengan menggunakan bahasa yang persuasive dan mendapatkan perhatian penuh dari lawan bicara.